Header Ads Widget

Humas Ibarat Sebuah Pintu Masuk Rumah : Refleksi Humas Summit PKS se-Banten

 

Serang, (30/10)---- Ibarat ingin mengetahui keadaan dan kondisi sebuah rumah, kita harus terlebih dahulu masuk melewati pintu rumah tersebut. Begitulah jika kita pun ingin mengetahui bagian dalam sebuah organisasi,  tentunya harus terlebih dahulu bertanya kepada penjaga informasinya. Hubungan Masyarakat (Humas) adalah bagian terpenting dan vital yang dimiliki sebuah organisasi/instansi sebagai etalase terdepan.

Catatan dan refleksi itulah yang dibawa oleh tim humas DPD PKS Kabupaten Serang setelah mengikuti serangkaian agenda "Public Relation Summit" yang dilaksanakan selama dua hari (Sabtu-Ahad), 29-30 Oktober 2022 di Gedung Graha PKS Kota Serang.

Kegiatan diagendakan oleh Bidang humas DPW PKS Propinsi Banten dan diikuti oleh selurah penggawa humas yang mewakili DPD PKS Kabupaten/Kota se-propinsi Banten.

Ketua DPW PKS Banten yang juga bakal calon gubernur Banten, Gembong Rudiansyah Sumedi dalam sambutannya mengapresiasi kerja humas PKS se-Banten. 

“Humas adalah garda terdepan di era digitalisasi. Siap selalu update di setiap kegiatan. Jangan sampai ada kegiatan yang terlewat diberitakan. PKS saat ini berada di posisi tiga besar se-Banten. Berarti PKS adalah salah satu parpo besar. Dan ini berkat kerja keras humas PKS”, ujar Gembong membakar semangat peserta.

Ketua Bidang Humas DPP PKS, Ahmad Mabruri menekankan pentingnya keberadaan Humas dalam sebuah partai. “Humas diibaratkan seperti etalase yang memamerkan wajah sebuah partai politik. Apa, seperti apa dan bagaimana partai politik dinilai masyarakat, di tangan humas-lah semua hal itu harus dikemas secara komplit,” ucap Mabruri.

Ketua Bidang Humas DPW PKS Banten, Kusuma Nirmala menyambut para peserta dengan penuh semangat. “Kosongkan gelas ilmu kita untuk menyerap ilmu yang baru. Ikuti kegiatan sampai selesai dan seorang tim humas harus semangat terus”, sambutnya.

Sekitar 60 peserta yang memeriahkan humas summit tampak antusias mendengarkan pelbagai materi kehumasan yang menerjunkan tim dari DPP PKS pusat sebagai narasumber, di antaranya Kabid Humas DPP PKS, Mabruri dan Biro Pelatihan Humas DPP PKS, Eko Febrianto.

Peserta kemudian mendapat tambahan materi inti dari pelbagai coach sesuai matra yang ada pada humas PKS. Ada lima matra yang merupakan senjata inti kehumasan, yakni Relawan Literasi (Reli), Relawan Digital (Redi), PKS TV, PKS Art, dan PKS Foto.