Header Ads Widget

Upaya Ketahanan Pangan Melalui Hidroponik

PKS Kab. Serang -- Pandemi covid 19 membuat sebagian besar orang memutar otak untuk dapat bertahan hidup. Pandemi berimplikasi pada banyak hal, diantaranya sulitnya pekerjaan sebab terjadi banyak pengurangan pekerja di beberapa perusahaan, sehingga mengakibatkan bertambahnya pengangguran di Indonesia. 

Selain itu, sepinya pembeli membuat para wirausahawan atau pedagang berjuang keras agar jualannya laku. Begitu pun di dunia bisnis, di masa pandemi ini tak semudah lagi selancar seperti masa normal.

Seorang kader PKS di taman Krakatau Waringinkurung, mengajari kita semua pentingnya kembali kepada alam. Kita harus kembali menjadi cucu nenek moyang kita, yang memang gemar bertani dan menanam. Salah satu yang dilakukan nya adalah menanam sayuran hidroponik, di area halaman rumahnya. Kang Wawan, warga Taman Krakatau Waringinkurung ini akrab disapa, ingin berbuat sesuatu yang bermanfaat dan bisa ditiru oleh warga lainnya. Tentang pentingnya ketahanan pangan bagi kita umat manusia. Terutama di masa pandemi ini yang sebagian orang merasa kesulitan mencari penghasilan.

Dan yang terpenting, menanam sayuran seperti ini, juga sebagai persiapan terbaik, jika suatu saat negeri kita dilanda kesulitan pangan akibat sumber daya alam yang makin habis dikonsumsi manusia.

Terima kasih inspirasi nya kang Wawan.