Header Ads Widget

Pesona Ukhuwah di Kebunku

Foto: pixabay


Oleh: Ummu Syamil

Siang itu, udara terasa panas sekali, karena sinar mentari mulai meninggi. Namun kami merasakan suasana yg berbeda. Di tempat kami melingkar saat ini terasa sejuk. Kami duduk di atas saung yang ada di kebun sekolah yg cantik, yg terbuat dari bambu.

Saung ini dikelilingi oleh berbagai macam flora yg indah dan memiliki banyak sekali manfaat. 

Kami bersyukur memiliki tempat senyaman ini. Meskipun, tempatnya tampak tak terlihat, karena terletak di belakang sekolah kami. Namun kehadirannya memberikan satu warna bahwa sekolah kami adalah sekolah yg cinta dengan alam. Sekolah yg berwawasan lingkungan.

Syukur kami semakin bertambah dengan adanya cinta dan kasih sayang yang terjalin diantara kami. Dengan sesama guru, guru dengan anak2 didik, dan antara kami dengan sesama civitas di sekolah ini. 

Allah menciptakan segala apa yg ada di bumi sungguh sangat mempesona. Seperti pesona berbagai macam tanaman yg ada di kebun sekolah kami. Ada tanaman obat, yg tdk hanya indah dipandang mata, namun dpt memberikan manfaat yg luar biasa. Ada tanaman hias, sayuran dan berbagai macam tanaman yg lainnya. Tanaman ini, satu sama lain memberikan harmoni yang indah. Setiap bagian dari tanaman tersebut saling menguatakan. Akar, batang, buah dan bunga, semuanya saling menguatkan. Melakukan amalnya masing-masing tanpa iri dengan bagian yang lain. 

Seperti akar. Akar selalu semangat menjalankan perannya mencari sumber-sumber air dan zat hara di dalam tanah, menguatkan bagian tanaman lainnya, meskipun kehadirannya tak terlihat oleh pandangan manusia, kerjanya tak dapat disaksikan oleh manusia. Akar terus bekerja dan melakukan amal terbaiknya untuk kelangsungan hidup tanaman tersebut. Tanpa silau atau iri dengan kecantikan bunga dan manisnya buah yg selalu mendapatkan pujian siapa pun yg melihatnya. 

Siang ini kami berkumpul, berbincang bersama, belajar bersama. Belajar mentadaburi ayat-ayat Allah. Saling menasehati dalam kebaikan. Muroja'ah bersama dan saling memberikan motivasi untuk selalu istiqomah dalam keimanan.

Belajar dari ayat-ayat Allah yang tampak dari ciptaanNya yaitu berbagai macam flora yg mempesona dan memberikan harmoni dalam berkarya. Kita  belajar agar ada kerja sama yg baik, senantiasa saling menguatkan, beramal jama'i karena Allah, menjalankan peran kita masing-masing namun tetap dalam bingkai kebersamaan, tanpa harus silau dengan apa yg dimiliki oleh orang lain. Saling mendoakan dalam kebaikan, serta mendoakan agar kita senantiasa berada dalam ikatan ukhuwah, baik ketika masih bersama-sama di dunia, hingga ke jannahNya.

Jadi saudaraku, ketika ada salah satu dari kita berada terlebih dahulu ke syurga, kemudian tidak menemukan salah satu saudaranya seiman membersamaimu, maka panggilah kami dan mintalah kepada Allah agar kita bisa bersama-sama lagi ber ukhuwah di jannahNya.